Dipo Alam: FPI Belum Terdaftar sebagai Ormas

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 24 Juli 2013 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 24 337 841902 Qtu16vCOCC.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Front Pembela Islam (FPI), diketahui belum terdaftar sebagai Organisasi Masyarakat (Ormas) di Direktorat Jenderal (Ditjen) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kemendagri. Hal tersebut diungkap oleh Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

"Menurut mendagri (FPI) belum terdaftar sebagai ormas," kata Dipo di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Oleh sebab itu, sambung Dipo, FPI tidak bisa dibekukan karena bukan sebagai Ormas. "Apa yang mau dibekukan. Apakah seperti  mau melanggar hukum, harus ditindak, bagaimana mau ditindak," ujarnya.

Dipo mencontohkan, Ahmadiyah merupakan organisasi masyarakat, jika Ahmadiyah melanggar, maka pemerintah dapat membubarkannya.

"Sebagai organisasi seperti Ahmadiyah itu bisa dibubarkan. Orang yang salah dan melakukan tindak kekerasan, ya harus dihukum," bebernya.

Dipo juga mengutip pernyataan SBY yang meminta agar di bulan Ramadan ini, agar jangan melakukan tindak kekerasan mengatasnamakan Islam. Dia meminta, jika ada kelompok yang meresahkan di bulan Ramadan ini, sebaiknya dilaporkan kepada polisi dan bukan dengan main hakim sendiri.

"Jangan main hakim sendiri, perintahkan kepada Polri untuk dilakukan tindakan hukum.  Orang benci terhadap FPI, saya mengerti juga. Organisasi (FPI) itu hanya forum, belum terdaftar sebagai ormas, itu hanya forum kumpul-kumpul. Siapapun yang melakukan main hakim sendiri, melanggar hukum, silahkan dihukum. Yang saya dengar yang jelas FPI belum terdaftar sebagai ormas di Kesbangpol," tegasnya.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini