Share

Kinerja Menteri dari Parpol Loyo

Arief Setyadi , Okezone · Selasa 23 Juli 2013 02:33 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 23 337 840923 AKSbuINMOm.jpg Menteri Tenaga Kerja, Muhaimin Iskandar

JAKARTA - Hasil observasi Ombudsman menyatakan lima kementerian mendapat rapor merah dan kuning dalam hal pelayanan publik. Hal itu harus jadi catatan penting bagi menteri yang menaungi instansi pemerintah itu.

Koordinator Aliansi Rakyat untuk SBY (Arus), Akhmad Suhaimi mengatakan, menteri di kementerian yang mendapat rapor merah mesti meningkatkan kinerja terutama soal kualitas pelayanan publik.

"Rata-rata Kementerian yang dipimpin oleh orang partai politik mendapatkan penilaian buruk dari Ombudsman dalam hal pelayanan. Ini jelas lembaga kementerian dipimpin orang Parpol (partai politik) pada loyo," katanya, Senin (22/7/2013).

Dari semua Kementerian yang dipimpin oleh orang Parpol, berdasarkan catatan Ombudsman hanya Kementerian ESDM yang mendapat rapor kepatuhan.

"Tentu patut diberikan apresiasi bagi kementerian yang dapat mempertahankan nilai baik di tahun politik ini," tegasnya.

Dia berharap seluruh menteri dan pejabat setingkat menteri untuk lebih giat dan cekatan dalam menjalankan tugasnya menjalankan roda pemerintahan terutama menyangkut untuk kepentingan publik.

"Evaluasi menyeluruh kinerja menteri untuk meningkatkan pelayanan terhadap publik," pungkasnya.

Ombudsman memberikan nilai merah kepada lima dari 18 kementerian, setelah dilakukan observasi terkait penyelenggaraan pelayanan publik khususnya pelayanan perizinan.

Lima kementerian yang mendapatkan rapor merah, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini