Ini Hasil Pertemuan SBY dengan Gubernur Aceh

Susi Fatimah, Okezone · Rabu 17 April 2013 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 17 337 793169 NYSkCCrs22.jpg Presiden SBY (Foto: Abror Rizki/Rumgapres)

JAKARTA - Diam-diam, Gubernur Aceh Abdullah Zaini menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta, sore ini, Rabu (17/4/2013).

Sebelumnya, Presiden SBY pernah mengatakan akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Aceh untuk membahas terkait polemik bendera dan lambang Aceh. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi juga pernah melakukan pertemuan dengan Abdullah di Aceh beberapa waktu lalu.

Usai pertemuan selama sekira satu jam, Abdullah mengatakan bahwa pihaknya tetap bersikukuh pada pendirianya terkait bendera dan lambang Aceh. Namun, karena adanya perbedaan antara Pemerintah Provinsi Aceh dengan Pemerintah Pusat, maka saat ini kedua belah pihak bersepakat untuk colling down terlebih dahulu.

"Pada prinsipnya masih sama jawabannya karena dalam hal ini kita mencari solusi damai di aceh. Poin of view yang tidak sama sekarang. Itu akan dicari solusinya supaya dapat titik solusi yang sama. Untuk ini, kami juga bersepakat untuk bertemu di masa depan dan kita cooling down dulu," tuturnya.

Abdullah yakin persoalan tersebut bisa segera menemukan titik terang. "Kita mencoba mencari solusi. Ingat saja peristiwa di Aceh sudah cukup lama konflik sampai 20 tahun tapi bisa kita selesaikan dalam waktu enam bulan. Kalau soal ini kenapa tidak bisa. Insya Allah," tegas Abdullah.

Namun, saat dikonfirmasi sampai kapan colling down dilakukan, Abdullah tak bisa memastikan waktunya. "Sampai dapat solusinya secepat mungkin," katanya.

Lebih lanjut Abdullah menambahkan bahwa dalam pertemuan yang diikuti oleh Presiden SBY, Wapres Boediono dan Mensesneg Sudi Silalahi juga membahas terkait keinginan Pemerintah Aceh untuk memajukan perekonomian dan pembangunan.

"Seperti pembangunan rumah sakit di Aceh juga mendapat respon yang sangat bagus dari Bapak Presiden. Dan lain-lain yang keseluruhan secara tertulis kami juga sudah serahkan kepada Bapak Presiden," ucapnya.

(lam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini