nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi MKRI Pukulan Telak Buat SBY

Carolina Christina, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2013 10:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 03 26 337 781482 FAqAdKq4a8.jpg Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

JAKARTA- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono nampaknya harus kembali bercermin dan tak perlu panik menghadapi gejolak situasi nasional yang ada saat ini.

Aktivis 98 Adian Napitupulu mengatakan aksi pada tanggal 25 Maret kemrin merupakan tamparan keras bagi SBY sebagai pemimpin negara. Tidak hanya itu saja, dalam aksi kemarin, SBY harus mengakui bahwa MKRI memiliki ide-ide cerdas luar biasa dan punya kemampuan taktik operasional yang juga luar biasa.

Sehingga jika diilustrasikan dalam pertandingan sepak bola, MKRI mampu menendang 6 gol pada babak pertama ke gawang SBY.

"Gol pertama terjadi ketika rakyat menjadi semakin tidak percaya pada SBY karena isu kudeta yang 7 kali disampaikan langsung SBY pada faktanya tidak terjadi. Fakta ini kembali mendeklair bahwa SBY adalah pembohong," ujarnya kepada Okezone, Selasa (26/3/2013).

Sementara itu lanjut Sekjen Pena 98 ini, gol kedua kembali dicetak MKRI yaitu ketika aksi MKRI ternyata dilakukan dengan mimbar bebas dan pembagian sembako yang dilakukan 1,5 kilometer dari Istana dan dibagikan kepada 3.000 orang dengan isi 1 kg beras, 3 bungkus mie instan dan 3 butir bawang merah. Hal ini MKRI telah sukses mempertontonkan kemiskinan hasil pemerintahan SBY.

" Gol ketiga yang tak kalah penting adalah SBY mau tidak mau dipaksa dengan fakta untuk meragukan seluruh orang kepercayaannya mulai dari penasehat, staff khususnya, menteri dan institusi terkait karena informasi palsu tentang kudeta itu ternyata malah menjerumuskan SBY sendiri," ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, kepanikan SBY ini menurut Adian kembali mencetak gol keempat buat MKRI. Hal itu dilihat dari bobolnya anggaran besar-besaran untuk pengamanan yang melibatkan 12.319 personel lengkap dengan water cannon, pemadam, panser. Dari jumlah itu jika untuk konsumsi diperkirakan Rp100 ribu per orang dalam satu hari, maka untuk mobilisasi awal, penjagaan hingga pemulangan diperkirakan selama tiga hari akan habiskan Rp3,7 miliar.

"Itu baru biaya konsumsi dan bukan biaya operasional lainnya," ujar pendiri Forum Kota ini.

Dengan banyaknya pasukan dan anggaran besar yang dikeluarkan untuk mengamankan aksi bagi-bagi sembako, maka secara tidak langsung SBY akan menjadi bahan tertawaan dunia internasional.

"Ini menjadi tendangan gol kelima yang memalukan karena aksi bagi-bagi sembako dijaga 12.319 personel aparat lengkap dengan kendaraan baja," katanya sambil tertawa.

Aksi kemarin menurutnya juga sukses memancing memori kolektif karena aksi sembako adalah salah satu pilihan aksi-aksi pada awal gerakan 98 yang menstimulus gerakan penjatuhan Soeharto.

"Gol keenam aksi MKRI mendapat rasa simpatik dan acungan jempol dari masyarakat dan pengamat," katanya.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini