Share

Habibie Raih Penghargaan Pelopor Demokrasi

Fiddy Anggriawan , Okezone · Senin 11 Februari 2013 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 11 337 760234 ZflWZEiiC2.jpg BJ Habibie

JAKARTA- Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) memberikan penghargaan kepada Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie sebagai Tokoh Bangsa dan Pelopor Demokrasi.

Penghargaan itu diserahkan AMPG bersamaan dengan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) AMPG, di Jakarta, Senin (11/2/2013).

Selain BJ. Habibie turut hadir dalam acara itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono, Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham, Ketua Fraksi Partai Golkar Setyanovanto dan jajaran pengurus dan kader AMPG, yakni Yorrys Raweyai, Tantowi Yahya, dan sejumlah penggurus Partai Golkar lainnya.

Menurut Idrus Marham, sosok Habibie sangat pantas dihormati dan dihargai. "Salah satu kesuksesan Habibie adalah mengangkat kebebasan pers. Pada masanya, pers benar-benar bebas dan setiap orang boleh berpendapat dan berorganisasi secara bebas," ungkap Idrus kepada wartawan di Jakarta, Senin (11/2/2013).

Sementara itu, Yorrys Raweyai mengemukakan kepemimpinan Habibie menginisiasi pembentukan AMPG. Pasalnya, di Pemerintahan Habibie, kebebasan berserikat dan berkumpul dibuka. Jika itu tidak terhajadi, maka kemungkinan AMPG tidak bisa beridiri seperti sekarang ini.

Yorrys menambahkan, sepak terjang dan rekam jejak Habibie telah memberi inspirasi, tidak hanya kepada seluruh komponen bangsa, tapi lebih khusus kepada generasi muda sebagai penerus cita-cita kebangsaan dan keindonesiaan. "Dalam diri Habibie tersemat simbol keteguhan sikap, kesetiaan, kesederhanaan, nasionalisme sekaligus moderniras. Keteguhan sikap, kesederhanaan kesetiaan tidak hanya tertuang dalam kehidupan pribadi dan keluarga, tapi juga dalam pengembaraan aktivitas keseharian Habibie, sebagai abdi negara," jelas Yorys.

"Kiranya hulu dari sikap Habibie tersebut bertumpu pada pemaknaan atas cinta. Cita yang universal dan abadi yang mampu memupuk dan membentuk karakter dan jati diri. Generasi muda sebagai penerus bangsa, patut mengambil teladan berharga dari sekelumit kisah masa lalu generasi muda untuk masa depan kehidupan bangsa dan negara yang lebih baik," simpul Anggota Komisi I DPR RI tersebut.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini