Jokowi Dinobatkan sebagai Teladan Demokrasi

Rohmat, Okezone · Senin 10 Desember 2012 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 10 337 729724 OxX7RlNO2a.jpg Joko Widodo (Foto: Bramantyo/Okezone)

DENPASAR - Joko Widodo dinobatkan sebagai Teladan Demokrasi di Indonesia oleh The Soekarno Center. Pria yang akrab disapa Jokowi itu dinilai konsisten mendorong kedaulatan politik, kemandirian ekonomi, dan mempertebal kepribadian budaya bangsa.

Presiden The Soekarno Center, Arya Wedakarna Mahendradatta, menyerahkan penghargaan tersebut di Istana Tampaksiring, Gianyar, pada Minggu, 9 Desember 2012 malam.

Wedakarna menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengamatan atas kiprah Jokowi selama setahun terakhir. Hasilnya, mantan Wali Kota Solo itu dianggap sudah mengamalkan ajaran-ajaran mantan Presiden Soekarno.

"Kami memunculkan Jokowi dengan harapan muncul Soekarno-Soekarno muda yang bisa memimpin bangsa ke depan,” jelas Wedakarna, saat ditemui di sela The Conference World Ecological Safety Assembly, di Nusa Dua, Bali, Senin (10/12/2012).

Menurutnya, ketokohan Jokowi telah memberikan efek tidak hanya di Solo, namun juga di Jakarta, bahkan Indonesia.

Lewat kepemimpinannya, lanjut Wedakarna, Solo yang dikenal sebagai Kota Budaya kini bisa lebih berbudaya, demikian juga DKI Jakarta bisa lebih Betawi. Tak hanya itu, Jokowi juga mampu menggairahkan sektor usaha kecil menengah (UKM) dan pedagang kaki lima di Jakarta.

Penghargaan Teladan Demokrasi, kata Wedakarna, bukan acara tahunan yang digelar The Soekarno Center, namun diberikan hanya bila ada tokoh yang dianggap mampu mengamalkan ajaran Soekarno.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini