Indonesia Siap Beri Bantuan Apapun untuk Myanmar

Tegar Arief Fadly, Okezone · Sabtu 04 Agustus 2012 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 04 337 673324 LHM8JymcGJ.jpg Ilustrasi (Foto: dok Okezone)

JAKARTA - Menyikapi terjadinya konflik antar etnis yang menelan puluhan korban jiwa di Myanmar, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan Indonesia akan senantiasa memberikan bantuan terhadap negara sahabat tersebut.  

 

Kesediaan Indonesia untuk memberikan bantuan tersebut didasari pada keinginan untuk menciptakan kerukunan antar etnis serta penyelesaian konflik berupa pengembalian infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat Myanmar.

 

"Indonesia serukan agar perlindungan minoritas sungguh diberikan, dan pembangaunan kampung yang rusak bisa dilakuakn," kata SBY saat berpidato di kediamannya Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8/2012).

 

Kata SBY, pemerintah akan melakukan diplomasi dengan Myanmar agar konflik antar etnis tersebut bisa diselesaikan secara bijak dan adil.

 

"Diplomasi yang kita lakukan, Indonesia berharap agar konflik komunal yang diakibatkan permasalahan kemanusiaan etnis Rohingya benar-benar ditangani dan diselsaikan secara bijak, adil, tepat dan tuntas di bidang aspek kemanusiaan," sambungnya.

 

Selain itu, SBY juga mengusulkan agar pemerintah Myanmar mengundang Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mengunjungi lokasi konflik yang kemudian bersama-sama merumuskan jalan keluar terbaik bagi negara tersebut.

 

"Saya juga usulkan, agar setelah Myanmar undang PBB dan diplomat asing, untuk undang negara yang tergabung dalam OKI untuk datang ke lokasi agar tahu situasi yang sebenarnya, dan harapan saya OKI, PBB, ASEAN, bisa kerja sama untuk selesaikan solusi yang baik," pungkasnya.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini