LPOI Terilhami Semangat Pancasila

K. Yudha Wirakusuma, Okezone · Jum'at 01 Juni 2012 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 01 337 639894 4gfs7VG6C4.jpg Said Aqil Siradj (foto: dok Okezone)

JAKARTA - 13 organiasi kemasyarakatan bergabung membentuk Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI). Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menuturkan LPOI berdiri terilhami dari semangat kelahiran pancasila.

"Tidak ada kekerasan dalam agama atau kalau dibalik tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan. Kami ormas Islam bergabung memiliki komitmen yang sama yaitu menolak segala macam kekerasan," kata Said di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2012).

Said menegaskan LPOI dibentuk bukan untuk agenda politik melainkan sebagai wadah persahabatan keimanan, akhlak dan budaya.

"LPOI dibentuk bukan untuk menghadapi siapa-siapa, bukan untuk memusuhi siapa-siapa. LPOI juga tidak memiliki kepentingan politik apapun," terangnya.

Melalui LPOI, ormas Islam yang sebelumnya sudah bersatu diharapkan lebih mempererat hubungannya. LPOI memiliki sikap yang sama, membantu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ormas yang memperkuat NKRI, dan pancasila harus di perkuat. Dan melemahkan NKRI harus ditindak tegas," pungkasnya.

13 ormas Islam yang mengukuhkan berdirinya LPOI yakni Nahdatul Ulama, Persis, Al Irsyad Al Islamiyah, Al Ittihadiyah, Mathlaul Anwar, Arrabithah Al Alawiyah, Al Wasliyah, Adz Dzikra, Ayariat Islam Indonesia, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, Ikadi, Perti, Dewan Dakwah Islamiyah.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini