Menag Akui Jatuh Cinta dengan Al Zaytun

Fahmi Firdaus , Okezone · Minggu 25 Maret 2012 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 25 337 599353 KvSpg579gJ.jpg Suryadharma Ali (Foto: Koran SI)

INDRAMAYU- Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku bahwa sejak kunjungan pertamanya pada Rabu 11 Mei 2011 lalu ke Ma'had Al-Zaytun di Indramayu, dirinya jatuh cinta pada pesantren yang dipimpin oleh Panji Gumilang ini.

"Ada yang mengatakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Ternyata jatuh cinta bukan hanya pada berlainan jenis laki-laki dengan perempuan, pandangan ideolgis juga bisa. Saya jatuh cinta pada Ponpes Al Zaytun di bawah pimpinan Panji Gumilang," kata Suryadharma Ali di Ma'had Al Zaytun, Indramayu, Minggu (25/32012).

Menag menjelaskan, perkenalan dia dengan Panji Gumilang sangat unik ketika mendengar lewat media bahwa Al Zaytun terdapat gerakan Negara Islam Indonesia, atas dasar itulah dia mengunjungi Panji Gumilang.

"Saya punya prasangka buruk dengannya (Panji Gumilang). Prasangka itu berawal dari pertanyaan wartawan bahwa Al Zaytun ada gerakan NII. Saya pun datang kemari dan berkenalan dengan Panji. Kesan yang diceritakan diluar sangat berbeda ketika saya datang ke sini, jauh apa yang diceritakan diluar. Dan sangat berbeda apa yang diceritakan diluar bahwa pesantren ini terdapat aliran keras," papar politisi PPP tersebut.

Dia berpendapat, kesan yang sampaikan di media salah jika pesantren ini terdapat aliran keras, apalagi ada ideologi bahwa pesantren ini ingin mendirikan Negara Islam Indonesia.

"Saya pun banyak ditentang bahwa kunjungan saya cuma sebentar di Al Zaytun. Saya bilang pada mereka jangan mengoreng-goreng bahwa Al Zaytun aliran keras, dan saya juga memberi tahu kepada ulama bahwa semua itu salah," tandasnya.

Pondok pesantren Al Zaytun ini dikatakan Suryadharma adalah pondok pesantren yang luar biasa di mana santrinya diajarkan semua ilmu pengetahuan. Banyak tokoh-tokoh dari PPP yang anaknya sekolah di Al Zaytun.

"Kasihan alumni Al Zaytun yang ingin mencari kerja. Alhamdulilah sekarang image negatif sudah sirna, orangtua yang menyekolahkan anaknya berterima kasih kepada saya," pungkasnya.

Seperti diketahui, pimpinan pondok pesantren Al Zaytun Panji Gumilang sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemalsuan akta otentik kepengurusan Yayasan Pesantren Indonesia (YPI). Panji dilaporkan Imam Supriyanto, pendiri YPI lain di Mabes Polri.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini