nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Zona Satu Waktu, MUI: Salat Tak Berpatokan pada Jam

K. Yudha Wirakusuma, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2012 16:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 03 13 337 592373 yyl8IDTmzS.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua MUI KH Ma'ruf Amin tidak mempermasalahkan rencana pemerintah menyatukan perbedaan waktu di Indonesia. Kebijakan tersebut diyakini tidak akan mengganggu jadwal salat serta ritual keagamaan lain.

 

"Saya kira tidak ada masalah, salat akan tetap sesuai waktu yang ada di daerah itu, mungkin berubah jam saja," kata Ma'ruf di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2012).

 

Menurutnya, salat melihat posisi matahari. "Saat ini di Jakarta dan Medan juga berbeda. Padahal satu waktu waktu Indonesia barat (WIB)," tuturnya.

 

Kiai Ma'ruf mengaku saat ini belum mengetahui apakah rencana tersebut berdampak positif atau negatif. "Kita belum mengkaji hal tersebut lebih jauh," tutupnya.

 

Sebelumnya untuk memicu laju pertumbuhan ekonomi, pemerintah berencana menyatukan perbedaan wilayah waktu Indonesia yang saat ini dibagi dalam tiga zona waktu. Nantinya, zona bagian tengah (Wita) akan menjadi patokan. Dengan demikian batas waktu Indonesia dalam internasional akan menjadi Greenwich Mean Time (GMT) +8.

 

Kadiv Humas dan Promosi KP3EI (Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) Edib Muslim mengatakan dasar pemberlakuan zona satu waktu ini di antaranya adalah efisiensi birokrasi dan peningkatan daya saing ekonomi.

 

Menurutnya, dengan adanya satu waktu ini maka dari 190 juta penduduk yang biasanya melakukan aktivitas bersamaa dalam zona WIB, akan meningkat menjadi 240 juta penduduk.

 

Edib menambahkan, penyatuan waktu dilakukan demi mendorong peningkatan kinerja birokrasi dari Sabang hingga Merauke. Hal yang menjadi bagian dalam kerangka kerja KP3EI ini juga dimaksudkan untuk mendorong daya saing bangsa dalam hal sosial-politik, ekonomi, hingga ekologi.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini