Suryadharma Beri Penghargaan ke Tokoh Peduli Pendidikan Agama

Ray Jordan, Okezone · Selasa 03 Januari 2012 22:18 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 03 337 551188 fQtkpOzpYT.jpg Foto: Koran SINDO

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali memberikan apresiasi terhadap tokoh yang dianggap telah memberikan sumbangsih besar dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan berbasis agama Islam di tanah air. Tokoh-tokoh yang mendapat penghargaan tersebut antara lain Mantan Presiden RI Baharudin Jusuf Habibie, mantan Menteri Agama era Presiden Andurahaman Wahid Toha Hasan, Gubernur Lampung Sjahruddin dan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

"Dalam kesempatan ini, sepantasnyalah kita menyampaikan rasa terima kasih kepada para tokoh yang memiliki peran dan andil yang besar dalam pendidikan keagamaan di tanah air," ujar Suryadharma Ali di gedung Kementerian Agama Jakarta, Selasa (3/1/2012) malam.

Suryadharma Ali mengatakan, BJ Habibie pantas mendapatkan penghargaan tersebut dikarenakan perannya dalam membangun pesantren dengan standar kualitas yang mumpuni dan anak didiknya mampu untuk bersaing dalam olimpiade tingkat internasional.

"BJ Habibie telah berjasa membangun madrasah Insan Cendikia yang kemudian menjadi inspirasi bagi kita untuk meningkatkan kualitas madrasdah di tanah air, dan hasilnya sangat menggembirakan. Banyak anak masdrasah yang memenangkan olimpiade sains di tingkat internasional," jelasnya.

Sementara itu, mantan Menteri Agama Toha Hasan dianggap sangat peduli dengan dunia pendidikan berbasis keagamaan di tanah air. "Hampir seluruh hidupnya diabdikan untuk dunia pendidikan Islam di tanah air," jelasnya.

Selain itu, Gubernur Lampung Sjahruddin, dikatakan Suryadharma Ali sangat besar perhatiannya dalam dunia pendidikan. "Gubernur Lampung, Sjahruddin, telah memberikan perhatian yang besar terhadap kualitas pendidikan keagamaan di daerahnya. Dia juga menyisihkan hampir sebagian besar dari APBD untuk dunia pendidikan. Selain itu, dia juga luar biasa perhatiannya terhadap jamaah haji. Banyak yang diberikan kepada jamaah haji, termasuk mempermudah dari Lampung ke tanah suci," tutur Suryadharma.

Sedangkan Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, dianggap telah berhasil menciptakan rasa toleransi dan kerukunan yang tinggi antar umat beragama di daerahnya. "Karel Albert juga memberikan perhatian besar terhadap pendidikan agama. Banyak agama di sana, ada Islam, Kristen, Katholik, Hindu yang semuanya mendapat perhatian besar," ungkapnya. (sus)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini