nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tokoh Agama Diimbau Sosialisasikan Soal HIV/AIDS

Taufik Hidayat, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2011 19:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 12 03 337 537578 xxqfCuLe7w.jpg

JAKARTA- Pemerintah diminta menggandeng sejumlah tokoh agama untuk mensosialisasikan penyebaran, penanggulangan, dan penanganan HIV/AIDS kepada masyarakat.

 

Menurut Anggota Komisi IX DPR RI, Zuber Safawi, pemahaman masyarakat atas penyebaran virus tersebut masih sangat minim.

 

"Saya rasa pemerintah perlu bekerja sama dengan tokoh agama untuk mensosialisasikan persoalan aspek pencegana dan penanganan," tutur Zuber kepada Okezone, Sabtu (3/12/2011).

 

Politikus PKS itu prihatin terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang masih banyak dikucilkan oleh masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Hal itu membuktikan masih banyaknya masyarakat yang tidak paham dengan HIV/AIDS.

 

"Ternyata pemahaman masyarakat belum mendalam tetang HIV/AIDS. Artinya guru saja yang bergelut di bidang pendidikan masih kurang paham, kita prihatin melihat kejadian ini," tambahnya.

 

Para ODHA punya hak yang sama untuk mendapat kehidupan yang layak. "Jadi sepanjang mereka tidak melakukan tidakan yang merugikan, tidak perlu diperlakukan tidak adil," tandasnya.

 

Seperti diberitakan, sejumlah masyarakat masih banyak yang mengucilkan penderita HIV/AIDS. Misalnya, seorang balita di sebuah desa di Kecamatan

 

Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Anak tidak berdosa ini harus menanggung beban yang cukup berat karena diusir warga kampung akibat diduga terinveksi virus HIV/AIDS.

 

Kemudian kasus lainnya, seorang anak pasangan Fajar dan Leonnie ditolak masuk ke sekolah SD Don Bosco lantaran diangggap tertular HIV/AIDS.

(opx)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini