nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Din Sebut Zaenuddin MZ Dai Pencerahan

Tri Kurniawan, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2011 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 07 07 337 476845 u52OGJxL7d.jpg

JAKARTA- Kepergian KH Zainuddin MZ secara tiba-tiba cukup membuat kerabat dai kondang tersebut terkejut. Banyak kenangan yang ditinggalkannya, tidak hanya gaya ceramahnya yang khas. Di kalangan sahabat, Zainuddin dikenal konsen terhadap masalah persatuan umat.

Sahabat Zainuddin yang juga Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin salah satu yang kagum terhadap sosok Zainuddin yang terlahir dari kalangan Nahdhatul Ulama (NU), tapi tidak pernah membatasi diri dalam pergaulan.

"Wawasan berorientasi pemersatu dalam diri almarhum cukup kuat. Almarhum terlahir dan berkembang di tradisi Nahdhatul Ulama, saya tahu pergaulan beliau luas dari pada sekedar NU dengan kawan organisasi Islam yang lain," kata Din ditemui usai tahlil di kediaman Zainuddin Jalan Gandaria I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (6/7/2011) malam.

Diakui Din, dirinya sangat jarang sekali bertatap muka dengan almarhum. Tapi ada satu hal yang dikenang Din. Dalam sebuah kesmpatan bersama Zainuddin dan Rhoma Irama, Din sempat berdiskusi mengenai keberagaman umat yang sudah terkotak-kotak oleh organisasi. "Kita berdiskusi bagaimana kemajemukan, keberagaman ummat dalam berorganisasi bukan menjadi faktor kelemahan tapi harus menjadi faktor kekuatan," terangnya.

Din berharap kepergian Zainuddin dan ulama lainnya dapat menjadi pelecut semangat, membangkitkan kesadaran generasi muda ummat Islam untuk tampil sebagai penerus cita-cita mereka. Din menyebut jika sahabatnya merupakan dai pencerahan yang digandrungi tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

"Kekuatan beliau adalah perpaduan antara retorika, logika, dan kemampuan mengangkat masalah aktual, masalah sehari-sehari yang diselingi humor," ungkapnya.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini