nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPT: NII Induk Aksi Terorisme

Susi Fatimah, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2011 12:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 05 18 337 458260 HmdubMldzN.jpg (Foto: Dok NII Crisis Center)

JAKARTA - Ketua Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Ansyad Mbai menegaskan, aksi teror yang marak terjadi belakangan ini merupakan bagian dari gerakan Negara Islam Indonesia (NII).

NII dan terorisme dianggap memiliki keterkaitan yang cukup erat. “Terorisme yang kita hadapi hari ini, ibu kandungnya memang dari NII itu. NII itu ibu kandung dari aksi-aksi teror hari ini," ujar Ansyad saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/5/2011).

Menurut Ansyad, NII memiliki kesamaan dengan Jamaah Islamiyah (JI) pimpinan Abu Bakar Baasyir. Keduanya, lanjut Ansyad sama-sama memiliki tujuan untuk mendirikan negara Islam, namun konteks negara Islam menurut JI lebih luas tidak hanya Indonesia, beda halnya dengan NII yang menginginkan Indonesia menjadi negara Islam.

"NII untuk negara Islam di Indonesia dan JI lebih ke Daulah Islamiyah tidak hanya Indonesia saja. Mereka akan jalani syariat Islam sesuai pemahaman mereka," jelas Ansyad.

Selain itu, lanjutnya, NII juga terlibat dalam aksi pelatihan militer di Pengunungan Juntho, Aceh Besar beberapa waktu lalu. "JI itu tadinya NII, NII terlibat aksi teror seperti di Aceh," tuturnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini