Polisi: P dan IF Berteman Sejak Lama

Tri Kurniawan, Okezone · Sabtu 23 April 2011 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 23 337 449160 6RQnMpL97v.jpg Ilustrasi, Bom yang berusaha dijinakan di KBR 68 H (Foto: Dok KBR 68 H)

JAKARTA- Mabes Polri menegaskan perkenalan dua tersangka dugaan tindak pidana terorisme P dan IF sudah terjalin sejak lama.

"Berapa lama saya belum tahu, tapi sudah cukup lama," terang Kepala bidang Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (23/2/2011).

Berdasarkan keterangan yang didapat dari P, dia pernah membuat beberapa film dokumenter salah satunya film dokumenter tsunami Aceh pada 2004 lalu.

"Dari hasil yang dia sampaikan pernah membuat semacam production house dan produk- produk yang ditayangkan di televisi," ucapnya.

Seperti diketahui IF diduga terlibat tindak pidana terorisme. Berdasarkan hasil pengakuan P yang sudah tertangkap lebih dulu. P menawarkan jasa peliputan langsung terhadap aksi ledakan bom yang rencanya akan diledakkan di Gereja Crist Catedral, Tangerang Selatan, Sabtu 23 April.

Sebelum meletakkan sejumlah bahan peledak di sekitar Gereja Crist Catedral, pria kelahiran 1979 ini sempat bertemun dengan IF sebanyak dua kali. Pertemuan dilakukan keduanya di Jakarta.

"Pertemuannya sebelum bom buku di Jakarta," tegas Boy.

P, kata Boy, merupakan sarjana lulusan Institut Agama Islam Negeri, Ciputat. P yang mengambil jurusan Tarbiyah lulus pada 2001.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini