Baasyir: Saya Tak Kenal Umar Patek

Rizka Diputra, Okezone · Rabu 30 Maret 2011 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 30 337 440461 6CkCxKePev.jpg ptdi.info

JAKARTA - Amir Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), KH Abu Bakar Baasyir, mengaku tidak mengenal dengan teroris Umar Patek yang tertangkap di Pakistan. Hal tersebut disampaikan asisten pribadi Baasyir, Hasyim.

 

"Saya tidak kenal Umar Patek. Mungkin dia kenal saya tapi saya tidak kenal Umar," ujar Hasyim menirukan ucapan Baasyir di Mabes Polri, Rabu (30/3/2011).

 

Lanjut Hasyim, Baasyir yang dikenal sebagai pengasuh Ponpes Al Mukmin, Ngruki, Solo, memang memiliki banyak murid, salah satu yang dikenalnya adalah Ali Ghufron alias Muklas tersangka Bom Bali I yang sudah dieksekusi mati.

 

Muklas yang merupakan seorang hafiz (penghafal Quran) itu diakui Baasyir memang murid yang berguru langsung di Ngruki.

 

"Secara personal sangat kenal dekat, tapi dengan Umar (Umar Patek) tidak kenal," tandasnya.

 

Sebagaimana diketahui, Umar Patek buron teroris yang paling dicari di Indonesia terkait kasus pengeboman di Bali dikabarkan tertangkap di Paskistan.

 

Umar Patek adalah salah satu tersangka utama dalam insiden bom Bali tahun 2002 yang menewaskan 202 orang dalam sebuah serangan maut terhadap Sari Club dan Paddy's Bar, Kuta, Bali.

 

Dikutip dari news.com.au, Rabu (30/3/2011), sumber pejabat keamanan di Indonesia dan intelijen Filipina yang minta tidak disebutkan namanya menyebutkan, Umar Patek sudah ditahan di Pakistan sejak 2 Maret lalu.

 

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini