nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantu Korban Gempa Jepang, Tim PMI Berangkat Besok

Iman Rosidi, Jurnalis · Minggu 13 Maret 2011 13:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 03 13 337 434385 GuBsDnKfkd.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tim Palang Merah Indonesia (PMI) akan membantu para korban bencana gempa dan tsunami di Jepang. Tim rencananya akan berangkat Senin besok.

Sekjen PMI Budi Adiputro menuturkan pihaknya sudah menyiapkan 10 sampai 20 orang terlatih untuk diberangkatkan besok. Tim memiliki tugas yakni membantu evakuasi para WNI serta para korban gempa dan tsunami warga Jepang lainnya.

“Mereka yang diberangkatkan ini relawan terlatih, tim medis dan lainnya,” ungkap Budi di sela rapat koordonasi di Gedung PMI, Jakarta, Minggu (13/3/2011).

Untuk membahas rencana itu, PMI menggelar rapat koordinasi hari ini sejak pukul 11.00 WIB. Rapat dipimpin Ketua PMI Sumarsono dan dihadiri perwakilan International Committee of the Red Cross (ICRC).

Sedangkan rapat ini tidak dihadiri oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla yang masih berada di Tokyo Jepang. Rencananya JK akan tiba di tanah air sekitar pukul 17.20 WIB dengan pesawat Garuda Indonesia 885.

Menurut Budi, JK sudah berkomunikasi langsung dengan Ketua IFRC yang juga berasal dari Jepang. Dalam percakapan tersebut, JK menjanjikan bantuan PMI untuk korban bencana mahadahsyat itu.

(ton)

Berita Terkait

gempa

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini