nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

David Tobing Ajukan Eksekusi Putusan Soal Susu

Kholil Rokhman, Jurnalis · Senin 28 Februari 2011 16:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 02 28 337 429724 cNb2mh4YaV.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Penggugat kasus susu formula berbakteri, David Tobing mengajukan permohonan eksekusi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Permohonan tersebut diajukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Senin (28/02/2011).

"Kami memohon kepada yang terhormat Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk melaksanakan eksekusi atas putusan tersebut (putusan MA soal susu formula berbakteri) dengan lebih dahulu memberikan teguran atau aanmaning kepada para termohon eksekusi,” kata David Tobing di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (28/02/2011).

David mengatakan, mekanisme teguran atau aanmaning dilakukan dengan cara Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat meminta pada para termohon untuk melaksanakan putusan MA. Para termohon tersebut adalah Institut Pertanian Bogor, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan pemerintah melalui Menteri Kesehatan.

David meminta pada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat agar menghukum para termohon untuk melaksanakan putusan.

”Memohon Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk menghukum para termohon eksekusi untuk secara bersama sama mempublikasikan hasil penelitian termohon eksekusi I (IPB) dengan menyebutkan nama-nama dan jenis susu formula yang terkontaminasi enterobacter sakazakii secara transparan melalui media massa baik cetak maupun elektronik,” kata David.

Diketahui, David Tobing yang juga seorang pengacara tersebut mengajukan gugatan pada Kemenkes, IPB, dan BPOM pada 2008. David meminta agar ketika lembaga tersebut mengumumkan nama nama susu formula yang berbakteri. Kemudian, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memenangkan David. Putusan tersebut diperkuat oleh MA pada April 2010.

Namun, putusan MA baru diketahui publik pada awal 2011. Permasalahan menjadi pelik karena hingga saat unu baik Kemenkes, IPB, dan BPOM belum juga mau mengumumkan nama-nama susu formula berbakteri dengan berbagai alasan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini