JK: Krisis Mesir Bisa Menular ke Indonesia

Farid Rusdi, Trijaya · Senin 31 Januari 2011 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 31 337 419890 UE63wyf8py.jpg Tank Mesir diserbu pengunjuk rasa (Foto: CNN)

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap pemerintah mampu mengelola negara ini dengan baik. Bila tidak ancaman aksi people power di Mesir dan Tunisia bisa melanda Indonesia kapan saja.

Dia menjelaskan, situasi di Mesir dan Tunisia akhir-akhir ini tak hanya menjadi isu regional semata. Namun telah mampu menembus sekat-sekat negara hingga jauh ke belahan dunia lain.

“Bisa menjalar ke Indonesia. Karena Indonesia kebebasan banyak dan bahkan berlebih,” ungkapnya di sela-sela acara HUT Apindo di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (31/1/2011).

Dalam hemat JK, krisis politik di Mesir dan Tunisia dipicu oleh tiga hal. Yaitu minimnya kekebasan atau demokrasi, merejalelanya korupsi, dan krisis ekonomi. “Tunisia begitu, meskipun tidak miskin, tapi korup. Mesir juga begitu, tidak ada kebebasan. Ada KKN/korup, meningkatnya kemiskinan dan pengangguran, atau gejolak pangan. Mesir dan Tunisia itu karena pengaruh pangan,” ungkapnya.

Lantas apakah rencana kebijakan pembatasan BBM bersubsidi di Indonesia bisa picu krisis politik? “Kenaikan apapun itu, bisa memicu. Pemerintah harus bisa me-manage dengan baik. Di tahun 2005, juga ada kenaikan BBM, tapi bisa kita manage sehingga tidak terjadi krisis politik,” tandasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini