nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suporter Malaysia Ancam Bakar Bendera Indonesia

TB Ardi Januar, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2010 12:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 12 21 337 405626 VgU0Ot3p0K.jpg reuters

JAKARTA – Perang urat syaraf jelang partai final Piala AFF 2010 antara Indonesia vs Malaysia mulai digencarkan. Ironisnya, tindakan yang dilakukan sudah menjurus tidak fair dan mengusik kedaulatan.

Oknum suporter Malaysia mengancam akan membakar bendera merah putih saat Timnas Indonesia berlaga di Stadion Bukit Jalil, Minggu 26 Desember mendatang.

Dalam sebuah forum jejaring sosial di Malaysia, seorang user yang mengaku bernama Mr F, mengaku dalam tulisannya jika mayoritas suporter Malaysia sudah sepakat untuk membakar bendera Indonesia dalam laga bergengsi nanti.

“Usah marah jika lagu kebangsaan indon dihina pada final di Bukit Jalil ahad ini ya indog.. Memang ini sudah disepakati oleh suporter Malaysia mereka akan mengejek di saat lagu kebangsaan indon dinyanyikan. Usah merengek-rengek bilang kami kurang ajar tapi itu yang si indog mahukan! TUNGGUUUUUUUUUU.... p/s:ada khabar angin bendera indon akan turut dibakar pada malam tersebut secara langsung disaksikan oleh jutaan peminat bolasepak Malaysia dan Indognesial.” tulis Mr F dalam forum tersebut.

Hubungan antara Indonesia dan Malaysia memang kerap memanas. Aksi kontroversi yang dilakukan Malaysia kepada Indonesia seringkali menyulut emosi rakyat Indonesia. Di antaranya, Malaysia sudah beberapa kali mengklaim budaya milik Indonesia, seperti lagu Rasasayange, Reog Ponorogo, Tari Pendet, dan sebagainya.

Tak hanya itu, warga Indonesia yang bekerja di Negeri Jiran tersebut juga kerap diperlakukan tak manusiawi. Banyak TKI dan TKW yang disiksa dan tak dibayar hasil keringatnya. Pemandangan ini membuat rakyat Indonesia gerah. Kecaman dan protes pun dilakukan. Bahkan, salah satu LSM nekat melempar kotoran manusia ke Kantor Dubes Malaysia di Jakarta sebagai bentuk protes.

Akankah Malaysia berulah lagi dan mengusik kedaulatan Indonesia? Kita lihat saja nanti.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini