Mendagri: Ada 7 Keistimewaan untuk Yogyakarta

Taufik Hidayat, Okezone · Rabu 01 Desember 2010 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 01 337 399034 1h637pAovA.jpg Gamawan Fauzi (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Keistimewaan yang diberikan terhadap Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya soal tata cara pemilihan kepala daerah, namun ada enam poin lainnya.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan tujuh keistimewaan tersebut tertuang dalam rancangan Undang-undang (RUU) Keistimewaan Yogyakarta yang kini masih dalam pembahasan.

“Orang hanya melihat soal itu (pemilihan kepala daerah). Padahal yang dirancang dalam RUU itu ada tujuh keistimewaan Yogyakarta. Salah satu yang belum disepakati cuma soal prosedur pemilihan kepala daerah,” tutur Gamawan di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (1/12/2010).

Dia melanjutkan, ada beberapa alternatif mekanisme pemilihan kepala daerah Yogyakarta, namun saat ini belum bisa diungkapkan karena masih dibahas.

Enam poin keistimewaan lain yang sudah disepakati, di antaranya pengelolaan tanah, adat, tata ruang, dan keuangan.

“Yang enam lagi, itu sudah disepakati. Bagaimana soal kultural, pengelolaan tanah, adat dan sebagainya, itu sudah disepakati. Malah termasuk keuangan, tata ruang, ada keistimewaan-keistimewaan dimiliki Sultan, tapi itu tidak disebut. Yang diperdebatkan sekarang kan soal pemilihan saja. Padahal ada tujuh keistimewaan,” papar mantan Gubernur Sumatera Barat ini.

Rencananya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menjelaskan soal kontroversi keistimewaan DIY seusai sidang kabinet besok. Penjelasan ini diharapkan dapat mencairkan ketegangan terkait pernyataan Presiden soal sistem monarki di Yogyakarta.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini