Share

Dari yang Tertua Sampai Terkecil Ada di Sini

Dadan Muhammad Ramdan, Okezone · Rabu 13 Oktober 2010 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 13 337 382002 P6NaM6ZCS8.jpg Surat terkecil (Ist)

JAKARTA - Membicarakan seputar surat-menyurat dan perjalanan pos sepertinya tidak akan pernah habis. Banyak kisah unik dan langka terungkap dari berbagai pelosok dunia.

Ada yang tahu siapakah tukang pos tertua di dunia? Ya, gelar langka tersebut dipegang Mancel Prince. Pak pos tertua ini baru ambil pensiun 2010 dalam usia 91 tahun. Pria ini memilih beristirahat sebagai tukang pos di Nashville, Tennesee, Amerika Serikat. Prince pensiun setelah berkendara lebih dari 1,7 juta kilometer untuk mengantar surat. Luar biasa bukan?

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Untuk menandai akhir tugasnya, Prince mengirim surat dengan rute sepanjang 160 kilometer pada Jumat 30 Juli 2010 lalu, waktu setempat. Diketahui, Prince pernah berkarir sebagai anggota militer dan terjun dalam beberapa peperangan. Kakek pensiun berpangkat mayor sersan ini telah 34 tahun mengabdi di militer.

Setelah itu, Prince beralih profesi sebagai tukang pos. Lantaran aksinya yang monumental itu, Prince dianugerahi penghargaan Berkendara Aman Satu Juta Mil atas prestasinya berkendara selama 35 tahun tanpa kecelakaan.

Lain lagi cerita dari San Francisco. Di zaman canggih yang serba e-mail, serba facebook atau twitter, dan messenger, ternyata ada yang unik di San Francisco. Adalah kantor pos khusus yang melayani pengiriman surat-surat berukuran sangat kecil dalam amplop mikro.

Saking kecilnya, Anda harus membacanya dengan bantuan kaca pembesar untuk melihat dan mengetahui apa isi dalam surat tersebut. Dengan biaya sebesar USD8, surat-surat Anda akan direplika ulang menjadi surat-surat berukuran mikro. Nmaun tetap aman karena tersegel rapi,  siap diposkan ke seluruh alamat di dunia secara tradisional pula. Wow, keren...Anda tertarik dengan surat superkecil ini?

Sementara itu predikat sebagai perangko pertama di dunia diraih Penny Black. Perangko ini diterbitkan pertama kali di dunia pada tahun 1840 atas gagasan Sir Rowland Hill dari Inggris untuk memudahkan lalu-lintas pengiriman pos pada masa itu.

Model ini merupakan pengaturan lebih lanjut yang menyatakan biaya pengiriman surat yang ditempeli kertas tersebut telah dilunasi pengirim. Dengan demikian, penerima tidak perlu ditagih biaya pengiriman lagi. The Penny Black menggambarkan ciri khas prangko itu, yaitu permukaan kertas berwarna hitam dan mempunyai nominal one penny.

Bagaimana dengan kartu pos? Australia diketahui sebagai negara pertama yang menerbitkan kartu pos ke publik. Model atau bentuk kartu pos saat itu tidak berbeda dengan yang ada sekarang. Bedanya, kertas yang digunakan lebih tebal dan agak kasar.

Kartu pos mulai dikenal di Amerika pada 1893 dan dijadikan sarana promosi acara World Columbian Exposition, suatu acara peringatan penemuan Benua Amerika oleh Columbus. Saat itu, tampilan kartu pos dibuat menarik dengan gambar-gambar peringatan acara dan merupakan kartu pos bergambar pertama di dunia.

Nama kartu pos baru tertera setelah penggunaan mesin cetak pada 1901. Setelah itu, kartu pos semakin banyak digunakan. Akan tetapi penggunaannya menurun pada 1915 menyusul masuknya kartu pos buatan Jerman yang kualitasnya sulit ditandingi buatan Amerika. Pada 1930, mulai dikenal kartu pos dari bahan linen dan sejak itu kualitas kartu meningkat cepat. Gambar dicetak dari foto berwarna dan kertas kartu diberi lapisan mengkilap.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini