Ormas di 5 Negara Tolak Kedatangan Obama

Lamtiur Kristin Natalia Malau, Okezone · Selasa 09 Maret 2010 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 09 337 310506 iZg45hTWqn.jpg Barack Obama (Foto: daylife)

JAKARTA - Rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Indonesia terus menuai protes. Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia dan sejumlah organisasi kemasyarakatan di beberapa negara, juga menyerukan protes yang sama.

 

Seperti yang tertera dalam pernyataan bersama yang diterima okezone, Selasa (9/3/2010), Perhimpunan Rakyat Pekerja, Socialist Alliance (Australia), Socialist Worker (Selandia Baru), Partido Lakas ng Masa (Philippine), Solidarity (Australia), Labor Party Pakistan, Socialist Alternative (Australia), dan Partai Sosialis Malaysia, menyerukan dilakukannya protes terhadap kunjungan Presiden AS Barack Obama ke Guam, Indonesia, dan Australia pada Maret 2010.

 

Dalam pernyataan bersama tersebut, kunjungan Presiden Obama ke Australia disebut akan merayakan dan mendorong lebih lanjut aliansi perang reaksioner AS-Australia. Sementara kunjungan Obama ke Indonesia adalah untuk mendukung rezim neoliberal SBY yang korup dan menindas.

 

Kunjungan obama ke Guam ditujukan untuk mengkonsolidasikan dominasi militer dan kolonialisme AS di pasifik.

 

Selain itu, disebutkan juga bahwa AS berencana memberikan dukungan kembali KOPASSUS (Komando Pasukan Khusus) Angkatan Darat Indonesia yang terkenal karena pelanggaran HAM, yang dilakukan di Timor Leste dan Indonesia. Hingga kini pelanggaran HAM tersebut belum mendapatkan keadilan. Hal ini menunjukkan bahwa AS tidak memiliki komitmen terhadap penghargaan HAM.

 

AS juga diduga mengumpulkan data intelejen, mengembangkan industri antivirus dan senjata biologis di Indonesia melalui Naval Medical Research Unit 2 (NAMRU 2), yang kemudian diganti menjadi Indonesia-United States Center for Medical Research (IUS).

(lam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini