Budiman: Waspadai Motif di Balik Akun PKI

Frida Astuti, Okezone · Selasa 12 Januari 2010 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2010 01 12 337 293284 oMZICu5lSB.jpg

JAKARTA - Kemunculan akun Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam jejaring sosial facebook masih berpolemik dan berlanjut dalam perdebatan.  

Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Budiman Sujatmiko mengatakan, akun tersebut dinilai kerjaan orang iseng. Kendati demikian, perlu diwaspadi motifnya sehingga tidak menjadi pengalihan isu terhadap kasus besar Bank Century.

 

"Saya kira itu orang iseng saja. Saya malah khawatir kalau ada seperti itu mengacaukan kasus Bank Century," ujarnya dalam Seminar Nasional: “Indonesia Next, New Hope” di Istana Ballroom, Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Selasa (12/1/2010).

 

Menurut Budiman, teknik pengalihan isu seperti itu sudah dari dulu digunakan. Ketika ada satu isu besar maka akan muncul isu lain untuk menutupi isu besarnya.

 

"Yang harus diwaspadai motif seseorang membuat akun PKI tersebut di facebook. Dikhawatirkan orang-orang akan sibuk dengan masalah akun PKI dan melupakan kasus Century," kata mantan aktivis yang mengaku belum lihat akun tersebut. Ibuh dia, "Saya lihat apa benar akan ada kebangkitan PKI atau hanya orang iseng untuk mengalihkan isu."

 

Seperti diberitakan, sebuah gerakan yang menamakan dirinya Partai Komunis Indonesia (PKI) 2010, muncul dalam Grup Facebook sejak 5 Januari lalu.

 

Grup Facebook ini tidak menampilkan identitas administrator dan hanya menampilkan foto lambang palu arit serta sejumlah foto lainnya. Info pada alaman akun ini hanya tulisan sebagai berikut:

 

Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah partai politik di Indonesia yang berideologi komunis. Dalam sejarahnya, Kami PKI pernah berusaha melakukan pemberontakan melawan pemerintah kolonial Belanda pada 1926, mendalangi pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1948 dan dicap oleh rezim Orde Baru ikut mendalangi insiden G30S pada tahun 1965.

 

Namun tuduhan dalang PKI dalam pemberontakan tahun 1965 tidak pernah terbukti secara tuntas, semua hanya tuduhan bahwa pemberontakan itu didalangi PKI. Pada kenyataanya kami memberikan fakta lain bahwa PKI tahun 1965 tidak terlibat, melainkan didalangi oleh Soeharto dan CIA. Dan kini 2010 kami bangkit kembali untuk meluruskan Sejarah. Hidoep Rakjat!

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini