Dephan Tak Minat Pantau Akun Facebook PKI 2010

Ferdinan, Okezone · Selasa 12 Januari 2010 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2010 01 12 337 293213 dcJQYJD9WV.jpg Akun PKI 2010 di laman Facebook (foto: facebook.com)

JAKARTA - Kontroversi mengenai keberadaan akun facebook PKI 2010 terus menuai komentar dari sejumlah kalangan. Tak terkecuali dari Departemen Pertahanan RI. Namun, Dephan tak akan memantau secara khusus akun facebook tersebut.

"Kita tidak akan memantau sudah ada institusi sendiri yang memantau hal itu," kata Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin di kantornya, Jakarta, Selasa (12/1/2010).

Menurut Sjafrie, sebuah ideologi tidak bisa dikatakan salah jika belum dilakukan penelitian secara mendalam. Terkecuali memang, ideologi yang dikembangkan tersebut sudah membahayakan kelangsungan negara.

Tapi, lanjut Sjarfie, jika pemahaman ideologi itu hanya untuk pengetahuan maka hal tersebut menjadi diperbolehkan. "Kita harus clear dulu ideologi itu untuk apa, kalau kita melihat ideologi itu untuk melawan negara itu tidak boleh," papar Sjarfrie.

Sebuah gerakan komunis yang muncul dalam Grup Facebook menimbulkan kehebohan dan kontroversi publik.

Grup Facebook dengan lambang palu dan arit ini mengingatkan publik pada gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang pernah hidup di era 1965.

Pada laman akun bernama 'Partai Komunis Indonesia 2010' tersebut tidak terdapat keterangan admin yang mengelola grup ini, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan apakah grup ini dimaksudkan untuk sekedar iseng belaka atau satu gerakan yang serius.

Dalam pantauan okezone, Minggu (10/1/2010) akun Facebook ini telah menarik anggota sebanyak 1.946 orang. Anggotanya terus bertambah 2 hingga 3 orang setiap menitnya.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini