Imparsial: Akun PKI Bukan Sebuah Ancaman

Yavet Ola Masan, Okezone · Senin 11 Januari 2010 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2010 01 11 337 292932 v7iErV7mHp.jpg

JAKARTA - Akun Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam situs jejaring sosial Facebook, terus menyita perhatian publik. Sejumlah pihak bahkan khawatir akan terulangnya pemberontakan Madiun atau 30 September. Lantas, seberapa bahayakah akun PKI 2010 ini?

Menurut salah satu aktivis Imparsial Erwin Maulana, keberadaan akun ini tidak perlu ditanggapi berlebihan. “Kami tidak melihat munculnya akun ini sebagai sebuah ancaman, karena Facebook adalah ruang publik yang terbuka bagi siapa pun,” jelas Erwin di kantornya, Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin (11/1/2010).

Karena itu, lanjutnya, kalau pun pihak berwenang hendak mengusut pembuat akun ini, langkah ini terbilang miskin makna. “Mengusut kasus ini, sia-sia saja dan malah menjadi sesuatu yang kontraproduktif bagi negara,” katanya.

Terkecuali, sambungnya, PKI sebagai organisasi terlarang sudah berani secara terang-terangan mendeklarasikan sebagai partai beridiologi komunis ditopang dengan struktur yang lengkap serta kantor-kantor yang mewakilinya.

“Kalau muncul cabang-cabang PKI dan gedung Partai Komunis Indonesia dalam bentuk organisasi atau parpol, baru negara bisa saja mengusutnya sesuai Tap MPR Nomor 25 Tahun 1966,” jelasnya.

Pendapat serupa sempat diutarakan oleh Ketua DPR Marzuki Alie menanggapi munculnya akun PKI ini. Menurut Marzuki, PKI secara ideologi pribadi sah-sah saja dilakukan dan hal itu merupakan hak warga negara.

Yang tidak dibolehkan menurut Undang-Undang Dasar adalah pembentukan PKI secara organisasi, terlebih mengajak orang lain menganut ideologi ini.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini