Syafii Maarif: Gus Dur Tepat Bapak Pluralisme

Okky F Suryatama, Okezone · Jum'at 01 Januari 2010 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2010 01 01 337 290130 PebB60NJeR.jpg

JOMBANG - Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Syafii Maarif menilai tepat KH Abdurahman Wahid atau yang lebih akrab disapa Gus Dur mendapat predikat sebagai Bapak Pluralisme.

Anugrah ini bukan tanpa dasar. Sebab, sepak terjang dari kiai besar dari Nahdlatul Ulama (NU) yang juga mantan Presiden RI kerap menyuarakan isu-isu pluralisme dan demokrasi.

"Kalau Gus Dur sudah tepat sebagai Bapak Pluralisme," ujar Syafii Maarif di hadapan Yenny Wahid di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jumat (1/1/2009).

Menurut dia, Gus Dur adalah sosok yang fenomenal sehingga pemikiran dan ide-idenya bisa diadopsi oleh generasi selanjutnya. "Gus Dur bapak yang fenomenal," imbuhnya.

Sebab itu, Syafii Maarif berpesan agar kaderisasi dari kaderisasi Gus Dur harus dilanjutkan karena di dalamnya banyak generasi muda sebagai penerus bangsa.

Gus Dur meninggal dunia Rabu petang, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, karena komplikasi penyakit yang sudah diderita belakangan ini. Meski dikenal sebagai sosok kontroversial, namun bagi banyak kalangan cucu pendiri NU ini tak ubahnya berperan sebagai pahlawan.

Tidak hanya bagi umat Kong Hu Cu, Gus Dur juga dikenal sebagai pembela kelompok aliran minoritas, sebut saja Ahmadiyah. Tak heran, jika berbagai kalangan lintas agama dan pemikiran turut memberikan penghormatan terakhir saat pemakamannya di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. (ram)

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini