nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2010, Indonesia Produksi Vaksin Flu Babi

Amir Tejo, Jurnalis · Selasa 17 November 2009 04:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 11 17 337 276198

SURABAYA - Pemerintah menarget sekitar November 2010 sudah dapat memproduksi vaksin flu babi. Untuk merealisasikan target tersebut pemerintah sudah menginvestasikan sekitar Rp1,3 triliun untuk kerjasama penelitian antara Bio Frma dengan Laboratorium Bio safety Level 3 milik Universitas Airlangga Surabaya.

 

Jika program ini berjalan sesuai dengan rencana, maka Bio Farma diperkirakan dapat memproduksi sekitar 20 juta dosis per tahun.

"Kapasitas produksi itu merupakan sepersepuluh dari penduduk Indonesia. Sehingga belum bisa semua penduduk Indnesia divaksin," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih usai mendampingi Wakil Presiden Boediono dalam peluncuran seed vaksin H1N1 baru dan H5N1 di Universitas Airlangga Surabaya, Senin (16/11/2009).

Endang menambahkan, karena kapasitas produksi yang dimiliki oleh Bio Farma masih terbatas, maka pendistribusian vaksin H1N1 baru tersebut akan diprioritaskan kepada kelompok-kelompok masyarakat tertentu.

"Vaksin ini untuk sementara hanya didistribusikan secara terbatas pada kelompok-kelompok prioritas. Nanti ada team advisory group yang akan menetapkan kelompok-kelompok mana saja yang harus mendapat vaksin H1N1 baru," ujar Endang.

Sedangkan untuk vaksin flu burung, pemerintah menargetkan baru bisa memproduksinya sekitar 2011 atau 2012. "Ini penelitian berjenjang. Untuk sementara H1N1 dulu," kata Kepala Proyek BSL 3 Unair, Dr Chairul Anwar Nidom. (hri)

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini