Syaifudin Zuhri Rekam Target Sebelum Peledakan

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 29 September 2009 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2009 09 29 337 260903

JAKARTA - Dalam laptop milik gembong teroris Noordin M Top yang disita saat penggerebekan di Jebres, Solo, Jawa Tengah, 17 September lalu, diketahui ada survei sebelum meledakan bom di Hotel Ritz Carlton dan JW Marriott pada 28 Juni lalu.

Menurut Kepala Divisi Humas Markas Besar Kepolisian Inspektur Jenderal Nanan Soekarna, pada tanggal 21 Juni 2009 sekira pukul 07.30 WIB, Dani dan Nana bersama Syaifudin Zuhri memantau lokasi peledakan. Namun mereka tidak masuk ke dalam hotel.

"Ketiganya hanya berada di lapangan depan hotel tersebut dan melakukan olah raga," ujarnya saat konferensi pers di Mabes Polri, Selasa (29/9/2009).

 

Dia menjelaskan, Syaifudin Zuhri melakukan perekam dari aktivitas tersebut. "Dari suaranya bisa kita identifikasikan," ujar Nanan.

Lebih lanjut dia memaparkan, suvei kedua dilakukan tangal 28 Juni 2009 sekira pukul 17.40 WIB. "Mereka mendatangi lokasi yang sama untuk yang terakhir kalinya sebelum melakukan aksi peledakan," imbuhnya.

Dari ucapan Syaifudin Zuhri, kata Nanan, terungkap jika mereka masih mengincar Amerika dan Australia sebagai target, bahkan Indonesia juga.

Kata Nanan, rangkaian dokumen dan rekaman-rekaman tersebut bisa menjadikan bukti sebagai bahan investigasi lebih lanjut terhadap jaringan teroris yang belum tertangkap.

 

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini